Wednesday 31 October 2018

Anak Motor Tapi Gak Ngerti Soal Motor !!, Berikut Tipe-tipe Style Motor Custom

   Melakukan modifikasi/perubahan pada motor tentunya harus menggunakan jenis aliran modifikasi ,kalau tidak menggunakan tentunya hasilnya kurang maksimal. Umumnya memodifikasi motor yang paling banyak di indonesia adalah jenis street fighter , Jap's Style,  full fairing dan masih ada beberapa lainnya.

   Bagi anda yang belum tahu apa maksudnya modifikasi ,ya modifikasi motor adalah merubah suatu tampilan sepeda motor dari tampilan standard menjadi lebih sporty,agresif, terlihat berbeda dengan yang lainya. Bagian bagian yang diganti ada yang seluruh part diganti ada yang hanya dengan memperindah saja ,misalnya menyematkan beberapa aksesoris/sparepart motor ,mengganti velg, stang, body , spion, swing arm, dll. Tapi ada juga yang memodifikasi motor khususnya untuk performance yaitu dengan menambah kecepatan agar semakin cepat.

Nah berikut dibawah ini beberapa tipe modifikasi motor yang bisa dijadikan rujukan sebelum memodifikasi motor. Jenis .macam konsep motor dibawah ini sudah banyak digunakan oleh kalangan modifikator dunia.

1. Chopper




Berikutnya ada motor custom jenis Chopper, motor custom satu ini memiliki keunikan pada fork/garpu yang sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang di desain khusus sesuai panjang fork/garpu dan kemiringannya,sehingga bentuk stang sangat tinggi. Untuk ban, tentu saja ban depan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ban belakang sehingga motor Chopper ini sangat cocok untuk riding santai apalagi dengan jok yang rendah.

2. Jap's Style


Aliran modifikasi motor custom Jap’s Style bisa terlihat dari ubahan tangki bensin yang didesain lebih mengecil dan simpel, selain itu,alas duduk atau jok yang dibuat lebih tipis dengan tipe single seater/sendiri jok lebih rendah dari tanki, menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan belakang yang kecil dan penggunaan ban yang lebih besar dan lebar. Handling dari Jap's Style sendiri sangatlah stabil,dikarenakan penggunaan ban yang lebih besar dan lebar serta menggunakan stang semi hanger.

3. Cafe Racer


Ya ini dia! motor custom satu ini yang sedang banyak digandrungi oleh pemuda jaman sekarang,Cafe Racer. Cafe Racer adalah aliran modifikasi motor custom yang mengadopsi gaya balap jaman dulu. Aliran Cafe Racer ini dibagi menjadi 2 yaitu tanpa fairing dan menggunakan fairing, full ataupun half. Ciri khas aliran modifikasi cafe racer yaitu, antara lain menggunakan stang jepit yang otomatis posisi badan lebih menunduk ketika berkendara seperti motor balap atau sport. Ciri khas lain yaitu jok yang rendah dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang dan ke atas. Selain itu, tanki motor dibuat ramping dan memanjang supaya enak menjepit kaki bagian paha.


4. Bobber


Ya! yang keempat ada motor custom jenis Bobber , motor ini lahir lebih dulu dibandingkan motor custom jenis chopper. Tetapi keduanya memiliki prinsip yang sama yaitu,memotong beberapa bagian .Namun,pada jenis custom Bobber tetap menggunakan sasis standar. Ciri khas utama pada Bobber terletak pada bagian ban yang cenderung besar/gendut depan maupun belakang.

5. Scrambler


Motor custom satu ini hampir sama dengan jenis custom Bratstyle, namun yang membedakan keduanya terletak pada ban dan posisi knalpot. Ban aliran modifikasi ini menggunakan ban berbentuk kotak/trail , dikarenakan menggunakan ban berbentuk kotak/trail Scrambler motor ini cocok untuk off road bahkan untuk mendaki pegunungan. Sedangkan pada posisi knalpot tidak terletak di kolong/bawah tetapi terletak disamping,inilah yang membuat motor custom jenis scrambler .

6. Brat Style


Aliran modifikasi satu ini berjenis BratStyle, banyak yang salah kaprah tentang nama `BratStyle' ,  mengapa? sebenarnya BratStyle adalah nama workshop yang bertempat di Saitama,Jepang. Workshop ini memang memiliki beberapa ciri khusus yaitu seperti, tangki Chopper Style (dengan tulisan bratsyle pada tangki). Selain itu, ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik,serta warna yang cenderung lebih gelap.

7. Street Tracker



Motor custom satu ini merupakan suatu paduan dari motor tracker atau enduro dengan motor jalanan, tampilannya layaknya trail tahun2 lama seperti honda XL, suzuki TS, Yamaha DT, namun disesuaikan dengan kebutuhan jalanan. Beberapa motor JDM saat ini juga menganut aliran street tracker, seperti Suzuki Bigboy dan Honda FTR.


.,, itulah beberpa aliran modifikasi custom yang cukup populer di indonesia saat ini,semoga menambah pengetahuan dan wawasan anda.

No comments:

Post a Comment